Photo by Nick Cooper on Unsplash

Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di RW 01, Sukup Lama, Cigending, Ujung Berung diresmikan oleh Wakil Walikota Bandung, mang Oded. Progam Sanimas ini adalah pemerintah Pusat oleh Kementrian PUPR Bantuan dari Islamic Depelovment Bank. Dalam IPAL Komunal ini bisa menampung Limbah Rumah dari 120 Kepala Keluarga dan maksimal bisa sampai 150 Kepala Keluarga di RW 01.

Mang Oded mengatakan tahun ini akan ada 12 tempat yang juga akan di bangun IPAL komunal di Bandung, ini untuk mendukung progam Citarum Harum, jadi setiap rumah tidak lagi langsung membuang kotorannya ke sungai, tapi di tampung di IPAL Komunal ini.

“Insya Allah, tahun ini akan ada 12 tempat untuk dibangun IPAL komunal.” Kata Mang Oded, saat memberi sambutan, 29 Januari 2018.

IPAL Komunal di RW 01 ini juga didesain cukup inovatif, diatas IPAL di bangun balai pertemuan warga, sehingga space yang ada efesien.

Mang oded berharap kedepannya tidak ada lagi warga Kota Bandung yang membuang kotoran langsung ke sungai, sehingga sungai kita menjadi sungai yang bersih dan Citarum jadi Citarum yang Harum.

Facebook Comments